DATA MINING USING K-MEANS CLUSTERING ALGORITHM TO KNOW STUDENTS' INTERESTS AND TALENTS IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES

(Case Study: SMK Setia Budi Binjai)

Authors

  • Dita Sahputri STMIK Kaputama, Binjai
  • Yani Maulita STMIK Kaputama, Binjai
  • Novriyenni Novriyenni STMIK Kaputama, Binjai

Keywords:

Data Mining, K-Means ,Clustering, Minat Dan Bakat Pada Kegiatan Estrakulikuler

Abstract

Pemahaman tentang minat dan bakat siswa/siswi pada kegiatan ekstrakurikuler memiliki peran penting dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang holistik. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan penggunaan metode Data Mining dengan menggunakan algoritma K-means Clustering untuk menganalisis minat dan bakat siswa/siswi dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data survei yang dikumpulkan dari siswa/siswi sekolah di sebuah daerah. Data yang dikumpulkan meliputi informasi tentang minat dan bakat siswa/siswi terkait berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan siswa/siswi berdasarkan pola minat dan bakat mereka menggunakan algoritma K-means Clustering. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi pihak sekolah dalam memahami minat dan bakat siswa/siswi, sehingga dapat mengoptimalkan penawaran kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi siswa/siswi. Hasil penelitian ini juga dapat membantu siswa/siswi dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan tersebut.

Author Biographies

Dita Sahputri, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Sistem Informasi

Yani Maulita, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Sistem Informasi

Novriyenni Novriyenni, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Manajemen Informatika

References

Ai llah Warnilah. 2016. “Analisis Algoritma K-Means Clustering Untuk Pemetaan Prestasi Siswa Studi Kasus SMP N 1 Sukahening.” Jurnal Computer and Information Technology Vol. 1 No.1 Mei 2016.

Fani Oktavianti, A.Busyairi. 2019. “Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler” Joyfulo Learning Jurnal Vol. 8 No.4 2019.

Nurdiana Saputri, Nurrus Sa’adah. 2021. “Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 2 No.2 Desember 2021.

Dr. Eng. Ags Naba, Pengertian GUIDE atau GUI Yogyakarta, 2008.

Eko Prasetyo, Data Mining Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab, PT.Andi, Yogyakarta, 2012.

Kusrini, Emha Taufiq Luthfi, Algoritma Data Mining, Penerbit C.V Andi, Yogyakarta 2009.

Yatini B, Definisi Flowchart, Jakarta PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2006

(www.http//modul-guideuploder-by-teuinsuska2009-wordpress-com) diakses pada tanggal : 15 Mei 2023

Downloads

Published

2023-11-17

Most read articles by the same author(s)