GROUPING NUTRITIONAL STATUS DATA FOR TODDLERS BASED ON INDEX ACCORDING TO COMMUNITY HEALTH CENTERS AND DISTRICTS USING THE CLUSTERING METHOD

Authors

  • Putri Lestari STMIK Kaputama, Binjai
  • Yani Maulita STMIK Kaputama, Binjai
  • Suci Ramadani STMIK Kaputama, Binjai

Abstract

Status gizi merupakan status kesehatan seseorang yang dipengaruhi oleh pengguna zat gizi dan asupan makanan di dalam tubuh. Status gizi dapat menjadi preduktor suatu outcome penyakit dan juga dapat menjadi salah satu cara pencegahan dini suatu penyakit. Penilaian status gizi balita dapat diukur berdasarkan indikator antropometri meliputi tinggi badan (TB), berat badan (BB), dan Nilai Indeks pada balita. Clustering merupakan pengelompokan atau penggalian pengetahuan dan informasi baru dengan data yang berjumlah besar. penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pihak puskesmas melihat perkembangan status gizi pada balita berdasarkan kelompok pada nilai indeks yang didapat dan hasil yang diperoleh berdasarkan analisis ini yaitu jumlah kelompok yang dibentuk sebanyak 3 kelompok. Group 1 terdapat 9 data dan Centroid (1,3, 3) dengan status Gizi Baik pada group usia adalah < 1 tahun dan kelompok nilai indeks yang didapatkan adalah -2 SD s.d + 1SD . Group 2 terdapat 8 data dan Centroid (1,1.87, 1.87) dengan status Gizi Buruk pada group usia adalah < 1 tahun dan kelompok nilai indeks yang didapatkan adalah <-3 SD, Group 3 terdapat 3 data dan Centroid (1, 4.33, 4.33) dengan status Gizi Lebih pada group usia adalah < 1 tahun dan kelompok nilai indeks yang didapatkan adalah >+1 SD s.d +2SD.

Author Biographies

Putri Lestari, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Sistem Informasi

Yani Maulita, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Sistem Informasi

Suci Ramadani, STMIK Kaputama, Binjai

Program Studi Komputerisasi AKuntansi

References

Arhami, M., & Nasir, M. (2020). DATA_MINING (R. Indah Utami, Ed.; I). CV ANDI OFFSET.

Buulolo, E. (2020). DATA MINING (I). Deepublish Publisher.

Dr. Agung Suharto, A. S. PD. M. K., & Budi Joko Santosa, .S.K.M. M.KES. (2022). Status Gizi Balita (1st ed.). Media Sains Indonesia.

Muaris, H. (2006). Bakala Sekolah Untuk Balita (I. Hardian, Ed.; I). Gramedia Pustaka Utama.

Muslihudin, muhammad, & oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (A. Pramesta, Ed.; 1st ed.). CV. ANDI OFFSET.

Nurbaety. (2022). Mencegah Stunting (1st ed.). NEM.

Otong Kadang, M. (2021). Algoritma dan Pemrograman (Abd. K. Muzakir, Ed.; Pertama). Humanities Genius.

Septikasari, M. S. ST. , M. (2018). Status Gizi Anak (1st ed.). UNY Press.

Tjolleng, A. (2017). Pengantar pemrograman MATLAB (M. S. A. Tjolleng, Ed.; 1st ed.). PT. Elex MediaKomputind;https://www.researchgate.net/publication/334945947 And Technology Unimor. www.kaputama.ac.id

https://dosbing.id/2022/12/03/proses-tahapan-data-mining.

https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1411482178.

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-activity-diagram/

Downloads

Published

2023-11-17