Pelatihan Pembukuan dan Pencatatan Laporan Keuangan pada Bank Sampah Villa I Asri RW 012 Bekasi Jawa Barat

Authors

  • Dian Octaviani Univesitas Trisakti, Jakarta
  • Harti Budi Yanti Univesitas Trisakti, Jakarta
  • Erliana Banjarnahor Univesitas Trisakti, Jakarta
  • Meliana Putri Wulandari Univesitas Trisakti, Jakarta
  • Fajra Manulang Univesitas Trisakti, Jakarta

Keywords:

Pemberdayaan, Bank Sampah, Pencatatan Keuangan, Pelaporan Keuangan

Abstract

Sejak dicanangkannya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) oleh PBB, Indonesia senantiasa berupaya aktif untuk mencapai 17 tujuan yang disepakati. Salah satu kegiatan yang mendukung pencapaian tujuan tersebut adalah pengelolaan sampah rumah tangga di Bank Sampah Vila I Asri RW 012 Desa Mangunjaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang menjadi mitra dalam kegiatan PkM kali ini. Kegiatan pengelolaan sampah (Bank Sampah) yang telah berlangsung sejak 2018 ini terbukti telah memberikan manfaat finansial dan non finansial kepada masyarakan sekitar. Permasalahannya, rintisan usaha yang dijalankan tidak didasari dengan studi kelayakan yang sesuai karena keterbatasan pengetahuan. Salah satunya, kelompok tidak mengetahui secara pasti bagaimana metoda yang tepat terkait pencatatan dan pelaporan dana yang masuk dan keluar. Untuk itu, maka pada kegiatan PkM FEB Universitas Trisakti ini ditawarkan solusi berupa Pelatihan Pembukuan dan Pencatatan Laporan Keuangan. Kegiatan PkM dimulai dengan melakukan survey terhadap permasalahan mitra. Selanjutnya adalah rapat koordinasi dengan pihak terkait, secara internal dalam tim PkM dan secara eksternal melakukan koordinasi dengan mitra. Kegiatan diakhiri dengan evaluasi efektifitas kegiatan melalui pemantauan terhadap meningkatnya pemahaman dan kinerja usaha dari aspek produksi, kelembagaan dan pembukuan. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan PkM ini adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan dilakukan dengan pendekatan diskusi dan tanya jawab serta pembinaan kelembagaan dan pendampingan dalam menyusun laporan keuangan sederhana namun akuntabel. Dari kegiatan ini diharapkan akan dihasilkan luaran berupa modul dan poster (HKI), sistem pencatatan keuangan sederhana secara digital dan artikel ilmiah. Selain itu pelaksanaan PKM ini diharapkan akan memperkaya pembahasan pada beberapa matakuliah di FEB Usakti.

References

Asteria, D., dan Heruman, H. 2015. Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Mahasiswa di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan, Vol. 23, No.1. Universitas Indonesia Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. CAPS. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Jakarta:Dewan Standar Akuntansi Keuangan, 2016.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Kencana.Setiawan, T. (2022). Mahir Akuntansi Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Setiawan, T., & Christopher, A. (2021). Mahir Akuntansi Keuangan Edisi 2021. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Suwintari, N. A., Kalangi, L., & Wangkar, A. (2018). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Terhadap Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Bahaga Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 399-409.

Weygant, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso , D. E. (2019). Financial Accounting With International Financial Reporting Standards, 4th Ed. United States: John Wiley & Sons.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Octaviani, D. ., Budi Yanti, H. ., Banjarnahor, E., Putri Wulandari, M. ., & Manulang, F. . (2023). Pelatihan Pembukuan dan Pencatatan Laporan Keuangan pada Bank Sampah Villa I Asri RW 012 Bekasi Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi (JPMEMA), 2(2), 89–102. Retrieved from https://journal.binainternusa.org/index.php/jpmema/article/view/181